Strategi Dalam Permainan Bola Basket

Bola basket saat ini sebagai olahraga internasional yang paling digandrungi di mana saat ini sangat tampak intensitas tinggi yang aktif dengan olah raga ini. Olahraga ini menuntut kinerja tinggi dan pengembangan optimal dan homogen antara komponen fisik, teknis, taktis, psikologis dan intelektual. Dalam hal ini, pemahaman permainan sesuai dengan tindakan teknis dan taktis yang dilakukan dan pengetahuan tentang tanggapan tubuh sangat penting untuk perencanaan, pemantauan dan kontrol pelatihan.

Saat Anda menonton pertandingan bola basket di televisi, kadang-kadang bisa terlihat seperti hanya ada sekelompok pemain di luar sana yang menggiring bola dan melemparkannya untuk tujuan. Gamenya bisa tampak kacau. Namun bola basket adalah permainan yang sangat strategis. Tim sebenarnya menjalankan pertahanan gigih dan mengatur serta menjalankan beberapa permainan offensif. Pelatih di samping lapangan terus-menerus mempelajari permainan, memastikan mereka memiliki pemain yang tepat dalam permainan, membuat penyesuaian, dan mencoba mensiasati bagaimana bisa menaklukkan tim lawan.

Strategi Dalam Permainan Bola Basket

Strategi Pertahanan Basket

Pertahanan zona adalah di mana setiap pemain memiliki area spesifik dari lapangan yang mereka pertanggungjawabkan untuk dipertahankan. Zona bergeser dan bergerak tergantung pada di mana pemain ofensif berdiri dan di mana bola saat itu berada.

Zona pertahanan sangat bagus untuk berhenti mencetak gol di dalam karena banyak pemain dapat mengelilingi area pertahanan dimana pemain mendapatkan bola di bagian dalam. Mereka tidak pandai menghentikan tembakan di luar atau jauh. Jadi pertahanan zona sering digunakan melawan tim bola basket ofensif yang memiliki permainan ofensif dalam yang kuat, tetapi permainan luar yang lemah.

Pertahanan manusia-ke-manusia adalah di mana setiap pemain ditugaskan untuk menutupi pemain ofensif tertentu. Pemain menjaga pemain ofensif ke mana pun mereka pergi di lapangan. Pertahanan satu lawan satu bisa sangat efektif terhadap tim penembakan luar yang kuat.

Strategi Basket Offensif

Strategi basket ofensif dapat mencakup permainan yang dirancang untuk gaya permainan. Tim cenderung ingin memainkan permainan fast break tempo atas atau mereka ingin memperlambat permainan dan masuk ke area setengah lapangan mereka. Tim dengan pemain atletik dan cepat mungkin ingin memainkan permainan serba cepat di mana mereka dapat memanfaatkan kecepatan mereka di lapangan terbuka. Tim lain mungkin merasa mereka dapat unggul dalam permainan setengah lapangan dengan memanfaatkan permainan yang dirancang, menembak di luar, atau bermain post-up.

Kunci dari strategi ofensif yang baik adalah passing. Bola bisa dipassing lebih cepat dan lebih efektif daripada dengan cara menggiring/drible bola. Dengan melakukan operan bola dengan cepat, tim basket ofensif dapat menyebabkan tim defensif bergerak dan melakukan penyesuaian. Umpan yang cukup baik nantinya membuat pemain ofensif akan mendapatkan peluang untuk melakukan tembakan terbuka yang cukup bagus. Karena inilah tujuan utamanya.

Salah satu kebutuhan pokok sebagian besar permainan ofensif dalam bola basket adalah pick-and-roll. Ini adalah saat dimana satu pemain ofensif akan menghalangi pemain yang membela pemain ofensif lain yang memiliki bola. Pemain dengan bola kemudian akan mulai bergerak. Pada saat yang sama, pemain yang mengatur pick akan mendekati ke keranjang bola.

Para pemain lainnya harus memilih siapa yang akan dijaga dan dialihkan perhatiannya. Pemain lawan dapat menjadi bingung dan, dalam kebingungan inilah pemain dengan bola akan memiliki peluang tembakan terbuka, atau pengaturan pemain pick akan terbuka lebar untuk lay-up dengan mudah.

Leave a Comment