Posisi di Dalam Permainan Bola Basket

Dimana pastinya setiap pemain wajib mengetahui tugas dan peran posisi yang dimainkannya masing – masing, karena jika tidak dapat mengetahui hal tersebut dapat di pastikan kalau pemain tersebut tidak dapat bermain dengan baik, bahkan dapat merusak permainan tim.

Oleh karena itu setiap pemain wajib mengetahui tugas dan peran posisi pemain bola basket agar kita bisa mempengaruhi dalam bermain secara baik, dan disini teman teman bisa menyimak untuk peranan seorang pemain di bola basket ini.

posisi pemain basket

Center

pada umumnya diisi oleh pemain-pemain dengan badan bongsor dan tinggi. Bahkan seringkali pengisi posisi ini dalam suatu tim adalah pemain dengan badan paling tinggi. Pemain dengan posisi ini biasanya berdiri di dekat ring basket. Contoh pemain terbaik yang memiliki posisi ini adalah Wilt Chamberlain, Shaquille O’Neal, Hakeem Olajuwon, Kareem Abdul Jabar, dan Patrick Ewing.

Saat menyerang seorang center harus membuka posisinya untuk dapat dioper dan menembak bola, serta menghalangi pemain bertahan lawan memajukan bola ke depan untuk menyerang (picking dan screening), membuka jalan agar pemain lain bisa menembak, serta mengantisipasi bola pantul dari ring lawan (rebound).

Saat bertahan seorang center harus menjaga pemain lawan dari menembak atau bahkan mengoper, serta mengantisipasi bola-bola rebound.

Forward

umumnya juga diisi oleh pemain-pemain yang lebih tinggi, namun tidak setinggi center. Biasanya pemain ini banyak bergerak kesana kemari di depan ring namun dapat juga bergerak hingga ke sayap dan sudut-sudut lapangan. Saat menyerang, seorang forward memiliki peranan penting dalam mencari ruang agar pemain lain bisa mengoper bola kepada mereka. Selain itu seorang forward harus mampu menembak dari jarak jauh serta menusuk ke dalam pertahanan lawan serta kemampuan rebound. Sementara ketika bertahan, seorang forward bertugas membantu menjaga pertahanan dari penetrasi lawan serta mengantisipasi bola-bola rebound.

 

Guard

mungkin merupakan salah satu posisi favorit bagi orang-orang yang baru memulai bermain basket. Karena guard terlihat paling keren, dan memang biasanya posisi ini diisi oleh orang-orang yang mampu mendribel bola dengan cepat, memiliki visi permainan luas, serta kemampuan passing yang baik.

Guard dalam permainan bola basket memiliki peran yang mirip dengan gelandang serang, bertugas membuat set up play. Beberapa pemain ternama yang memiliki posisi ini adalah Magic Johnson, Stephen Curry, Steve Nash, Kobe Bryant, Allen Iverson, dan Michael Jordan.

Saat sedang menyerang, seorang guard harus mampu mendribble, mengoper, sambil berpikir untuk menciptakan set up plays sehingga serangan dapat berlangsung efektif dan efisien.

Selain itu seorang guard dituntut memiliki kemampuan shooting yang baik serta kelincahan yang mampu menusuk pertahanan lawan. Sementara dalam bertahan, seorang guard dituntut untuk mencuri operan-operan lawan, mengganggu tembakan, mencegah tusukan dari lawan, serta boxing out (mencegah lawan untuk mendapatkan bola rebound)

Small Forward

punya tugas mencetak angka. Dengan kata lain seorang SF harus mampu menerobos pertahanan dan melakukan lay-up atau dunk, juga melakukan shoot dari jarak-jarak tertentu. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang punya tekhnik hebat dan jago mencetak angka.

Shooting Guard

Seperti namanya, SG adalah orang yang punya tugas untuk menembak bola dari jarak-jarak yang cukup jauh. Dia harus cepat bergerak dan mencari posisi yang kosong untuk melepaskan tembakan. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang paling bagus akurasi shootingnya.

Dan itulah barisan dari posisi pemain bola basket yang mimin tau, dan semoga bisa membantu teman teman untuk lebih paham dalam mengatur posisi permainan di lapangan.

Leave a Comment