Gerakan Pemanasan Yang Baik Dan Benar Sebelum Bermain Basket

Olahraga memang sangat baik dilakukan. Selain membuat tubuh Anda bugar, olahraga juga dapat menghilangkan stress dan memberi efek segar pada tubuh. Olahraga dapat meningkatkan stamina dan juga daya tahan tubuh. Tetapi, jika melakukan olahraga langsung tanpa melakukan pemanasan, maka dapat menyebabkan terjadinya cedera otot dan sendi. Pemanasan dapat meningkatkan suhu otot Anda. Otot yang hangat akan meningkatkan kecepatan dan kekuatan otot.

Untuk melakukan pemanasan dapat Anda lakukan secara berurutan. Berikut adalah 11 teknik dasar gerakan untuk pemanasan sebelum olahraga yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot dan meminimalkan cedera. Pemanasan sangat penting kamu lakukan sebelum berlatih atau bertanding. Tujuanya adalah menghindarkan Kamu dari cedera. Selain itu, dengan melakukan pemanasan, tubuhmu menjadi lentur sehingga depat melakukan shooting dengan tepat.

pemanasan bermain basket

Memutar kaki

Dengan sedikit melebarkan posisi kaki, kemudian ambil posisi berjinjit pada sati kaki. Putar kaki mengikuti arah jam dan sebaliknya sebanyak 10 kali. Lakukan di kedua kaki.

Jogging

jogging dimanfaatkan semua atlet dari cabang olahraga mana pun agar darah mereka terpompa. Lakukan jogging selama kurang lebih lima menit agar temperatur badan meningkat. Inti dari pemanasan ini adalah agar kamu berkeringat sedikit, tapi tidak berlebihan.

Pemanasan Kepala

Pertama lakukan pada bagian kepala Anda terlebih dahulu. Langkah pertama tundukan kepala dan tekanlah bagian belakang kepala dengan kedua tangan. Setelah itu angkat kepala dan satu tangan mengangkat kepala ke atas. Gerakan selanjutnya adalah tengokkan kepala ke arah kiri dengan tangan kanan menekan dagu ke arah kiri. Lalu tengokan kepala ke arah kanan, posisikan tangan kiri menekan dagu ke arah kanan. Jatuhkan kepala ke kiri, dengan tangan kiri menekan kepala ke samping kiri. Gerakan yang terakhir adalah jatuhkan kepala ke kanan, tangan kanan menekan kepala kesamping kanan.

Skipping

Pemanasan ini bertujuan untuk menciptakan serta meningkatkan kemampuan memantul keseluruhanmu yang penting dalam lapangan basket. Kira-kira tiga atau empat menit skipping sebelum permainan basket sudah ideal. Skipping melatih kaki untuk lepas dari darat dengan cepat. Kemampuan melompat, melambung, berlari, dan berputarmu akan sangat terbantu dengan latihan skipping.

Gerakan Kombinasi

Untuk melakukan gerakan kombinasi, posisi kembali ke siaga dasar. Pada hitungan satu tempelkan kedua telapak tangan ke lantai dengan posisi lutut harus lurus, pada hitungan dua lakukan jongkok dengan posisi tangan terentang ke depan. Pada hitungan ketiga angkat badan dan luruskan lutut Anda kembali. Letakkan kedua telapak tangan kembali menyentuh lantai, pada hitungan empat lemaskan badan ke belakang dengan pandangan ke arah belakang posisikan kedua tangan memegang pinggang.

Memutar pinggang

Letakkan kedua tangan di atas pinggul. Kemudian putar pinggang kita mengikuti arah jam dan arah sebaliknya selama 10 kali.

Jumping Jack

Pemanasan dengan Jumping jack ini minimal dilakukan sebanyak 25 kali hal ini berguna agar seluruh organ tubuh sobat siap untuk melakukan gerakan yang lebih berat,

Demikian lah beberapa tips melakukan pemanasan yang baik dan benar, dan semoga bermanfaat artikel ini, dan silahkan tulis di kolom komentar apabila ada hal yang di pertanyakan.

Leave a Comment