Jenis Pelanggaran Dalam Bola Basket

Bola basket dimana salah satu olahraga permainan berkelompok. Dalam satu permainan terdiri dari dua tim. Masing-masing tim beranggotakan 5 orang yang bertanding untuk mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke keranjang lawan. Dan dimana bola basket merupakan olahraga yang sangat kompetitif karena tempo permainan lebih cepat dari olahraga bola lainnya. Posisi pemain utama dalam bola basket adalah forward, defense dan playmaker.

Pelanggaran merupakan hal yang umum terjadi di dalam sebuah olahraga. Para pemain kerap kali melakukan kesalahan pada saat bermain, baik itu disengaja maupun tanpa disengaja. Seorang pemain yang melakukan pelanggaran biasanya akan mendapatkan sanksi ataupun peringatan dari seorang pengadil lapangan.

pelanggaran dalam bola basket

Dan inilah dimana pelanggaran yang harus kita ketahui dalam permainan bola basket :

  • Menggiring bola ganda

Menggiring bola dengan kedua tangan di atas bola pada saat yang sama atau mengambil dribble dan kemudian menggiring bola lagi adalah dribble ganda.

  • Membawa / palming

Ketika seorang pemain menggiring bola dengan tangannya terlalu jauh ke samping atau, kadang-kadang, bahkan di bawah bola.

  • Cara berjalan

Mengambil lebih dari satu setengah langkah tanpa menggiring bola berjalan. Setelah Anda berhenti menggiring bola, Anda dapat memilih kaki pivot dan diizinkan untuk berputar di sekitar jangkar kaki itu. Memindahkan kaki pivot Anda setelah Anda berhenti menggiring bola sedang berjalan

  • Back Ball / Back Court

pelanggaran karena pemain yang membawa bola kembali ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah.

  • Blocking Foul

pelanggaran karena melakukan pelanggaran keras ketika menghalangi pemain lawan

  • Team Foul

pelanggaran dalam satu tim per babaknya. Apabila sudah mencapai 5 point maka akan diberikan free throw pada lawan

  • Foul out

keadaan dimana seorang pemain telah melakukan 5 kali foul biasa (FIBA), 6 kali foul (NBA).atau telah melakukan technical foul 2 kali dalam 1 kali pertandingan.maka pemain yang terkena foul out harus keluar dari lap pertandingan.

  • Pelanggaran teknis

Seorang pemain atau pelatih dapat melakukan jenis pelanggaran ini. Itu tidak melibatkan kontak pemain atau bola tetapi sebaliknya tentang ‘tata krama’ permainan. Bahasa kotor, kecabulan, gerakan cabul, dan bahkan berdebat dapat dianggap sebagai pelanggaran teknis, seperti halnya rincian teknis tentang mengisi buku skor secara tidak tepat atau mencelupkan selama pemanasan.

  • Three Seconds Violation

pelanggaran yang diberikan apabila seorang pemain berada di area tembakan bebas ( key area ) selama 3 detik

  • Offensive 3 second

pelanggaran karena diam di post/area tim lawan selama 3 detik pada saat lawan defense. Bola berpindah ke pihak lawan

  • Deffensive 3 second

pelanggaran karena diam di area tim sendiri selama 3 detik pada saat lawan melakukan offense. Lawan diijinkan melakukan 1 throw-in.

  • 30-second violation

pelanggaran pemain tim A tidak melakukan shoot/lay-up/dunk ke ring lawan melewati batas waktu 30 detik <sekarang jadi 24 detik>. Bola berpindah ke pihak Tim B

  • Back Ball / Back Court

pelanggaran karena pemain yang membawa bola kembali ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah.

  • Blocking Foul

pelanggaran karena melakukan pelanggaran keras ketika menghalangi pemain lawan

Itulah peraturan dan pelanggaran yang mimin tau nih dalam permainan bola basket yang harus kita ketahui agar permainan yang berlangsung menjadi semakin rapi dan teratur, semoga bisa membantu anda yang belum tau aturan dalam permainan bola basket.

Leave a Comment