Menguasai Teknis Bermain Sepak Bola

Pemain sepak bola yang atletis tidak akan berguna tanpa memiliki keterampilan teknis yang baik. Pemain yang hanya mengandalkan penampilan secara fisik dan mengabaikan pengembangan kemampuan teknisnya mungkin akan berhenti bermain sepak bola dan beralih pada olahraga Wrestling. Saya tidak bermaksud mengesampingkan pentingnya kebugaran fisik (faktanya menjadi lebih bugar secara fisik daripada pemain lainnya akan memberikan Anda keuntungan lebih di lapangan bola). Namun, hanya dengan mengandalkan kebugaran fisik saja akan menghasilkan karir Sepakbola yang sangat singkat.

Keahlian teknis harus selalu dikembangkan bagi setiap pemain sepak bola. Memiliki kemampuan berlari keliling lapangan dalam waktu kurang dari 10 detik atau memainkan posisi Anda secara taktis dengan sempurna keduanya sangat baik, tetapi jika Anda tidak dapat menerima umpan ketika rekan tim memberi Anda bola, Anda akan membuang-buang kesempatan di lapangan. Jika Anda serius ingin menjadi pemain sepak bola dengan lebih baik, Anda harus berkomitmen untuk menjadi pemain yang lebih terampil secara teknis. Keterampilan dasar Anda adalah sesuatu yang Anda butuhkan untuk selalu dilatih setiap hari. Ingat, Anda selalu bisa menjadi lebih baik.

menguasai teknik bermain bola

Ada beberapa beberapa hal dalam pengembangan teknis bermain Sepak Bola:

  • Dribbling
  • Kontrol Bola
  • Passing
  • Shooting
  • Tackling
  • Heading

Lakukan yang terbaik dan berkomitmen untuk secara berkelanjutan terus meningkatkan setiap skill di atas secara berkala. Beberapa teknis mungkin memerlukan perhatian lebih dari yang lainnya tetapi tidak ada teknis yang harus diprioritaskan.

Di bawah ini adalah beberapa contoh bagaimana Anda dapat mulai meningkatkan kemampuan bermain sepak bola.

1. Dribbling

Berlatih menggiring bola di sekitar rumah. Jika Anda pergi ke ruang cuci saat beristirahat, bola selalu dengan Anda. Jika Anda harus membuat sandwich di dapur, bola ada di kaki Anda. Semakin Anda sering menyentuh bola, semakin baik dribbling Anda nantinya.

Anda tidak harus mempercepat pergerakan di ruang tamu Anda atau melakukan tiga langkah pergerakan di sekitar kucing Anda, tetapi tindakan sederhana menjaga bola tetap di kaki Anda akan membantu meningkatkan keterampilan menggiring bola Anda dari waktu ke waktu.

Berikut video untuk membantu Anda memulai:

2. Kontrol Bola

Lakukan juggle bola setiap hari. Buat rekor. Apa pun rekor Anda, hari berikutnya latihlah juggling Anda dan kalahkan skornya paling sedikit 1. Setiap hari akan mengharuskan Anda untuk selalu meningkatkan fokus, harapan, dan kontrol bola.

Hanya membutuhkan 5-10 menit sehari. Namun, jika Anda cukup berdedikasi, Anda bisa lebih banyak untuk meluangkan waktu lebih lama lagi. Tantang diri Anda dengan teknik juggling yang berbeda. Berikut adalah beberapa cara untuk memulai:

3. Passing

Lakukan passing bola ke dinding 100 kali sehari (kedengarannya banyak tetapi kemungkinan hanya membutuhkan waktu 3 menit). Selalu berlatih dengan kedua kaki dan lekukan secara rutin untuk mendapatkan rasa nyaman dengan semua bagian sepatu Anda: dalam, luar, tali, jari kaki, bahkan tumit Anda.

Ketika bola kembali kepada Anda, itu akan melatih penerimaan bola Anda. “Sentuhan pertama” Anda sangat penting dalam Sepak Bola. Sentuhan pertama yang baik akan membuat perbedaan antara kehilangan dan mempertahankan posisi bola 9 kali dari 10.

Berikut ide yang terbaik tentang melakukannya:

4. Shooting

Mirip dengan teknik passing, latihan menembak/shooting Anda dapat dipraktikkan ke dinding (Biasanya menggambar jarring berupa garis di dinding dengan kapur atau selotip) atau jaring. Cukup dengan menghabiskan 10 menit setiap hari dapat meningkatkan teknik menembak Anda dan pastinya hal ini merupakan hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk masa depan Sepak Bola Anda.

Jika Anda dapat belajar untuk menjadi striker bola yang percaya diri, Anda akan memiliki keuntungan yang sangat besar dibandingkan sebagian besar pemain di liga Anda. Selalu fokus pada teknik Anda selain kekuatan dan jangan lupa melakukan latihan dengan kedua kaki.

5. Tackling

Mempraktikkan teknik tackling sendiri sepertinya mudah untuk diucapkan disbanding dilakukan. Cara terbaik untuk meningkatkan teknik ini adalah di sesi pelatihan bersama tim Anda. Jika Anda dapat menguasai teknik bertahan dan tackling, Anda akan menjadi pemain sepak bola yang handal dalam waktu singkat.

Fokus pada menutup pergerakan lawan dengan cepat dan melakukan tackle yang baik. Pemain yang menginginkan bola lebih banyak selalu merupakan orang yang memiliki penguasaan bola yang baik.

6. Heading

Banyak pemain mengabaikan masalah heading ini dan tidak memberikan perhatian yang cukup untuk teknik yang satu ini. Memiliki kemampuan memenangkan pertempuran udara akan secara signifikan meningkatkan nilai Anda sebagai pemain sepak bola.

Lagi pula, ini adalah keterampilan yang sulit untuk dipraktikkan sendiri, tetapi jika Anda berkomitmen untuk meningkatkannya, akan selalu ada jalan. Lempar bola ke dinding dengan ayunan ke atas. Lompat tinggi dan dapatkan bola, arahkan kembali ke dinding dengan kepala.

Secara realistis Anda bisa menyelesaikan semua latihan ini dalam waktu kurang dari 30 menit dalam sehari. Jika Anda benar-benar termotivasi untuk menjadi pemain yang lebih baik, 30 menit mungkin tidak terasa cukup lama. Anda dapat menghabiskan sepanjang hari berlatih dan meningkatkan keterampilan teknis Anda. Ingat, tidak peduli seberapa baik Anda, Anda selalu bisa menjadi lebih baik.

Anda tidak lagi punya alasan. Saya baru saja berbagi dengan Anda beberapa ide berharga tentang cara meningkatkan keterampilan dasar Sepak Bola Anda. Sisanya terserah pada diri masing-masing. Anda dapat memilih untuk tidak menerapkan saran ini dan tetap menjadi pemain yang sama dengan Anda hari ini atau Anda dapat memilih untuk mulai mengambil tindakan dan menerapkan ide-ide ini ke dalam tindakan. Anda orang yang pintar. Saya tahu Anda akan membuat pilihan yang tepat.

Leave a Comment