Memahami Arti Taktik Dalam Permainan Bola Basket

Lapangan permainan bola basket memiliki kriteria, yaitu bentuk lapangan persegi panjang dengan panjang lapangan 28 m dan lebar lapangan 15 m. Bola yang digunakan untuk bermain basket dibuat dari karet yang beriapis sejenis kulit. Keliling bola adalah 75-78 cm, berat bola adalah 600-650 gram, dan tekanan udara dalam bola harus melambungkan bola dengan ketinggian 120-140 cm.

Dimana dalam Permainan Bola basket pastinya membutuhkan sejumlah taktik untuk dipekerjakan sehingga bisa menjadi salah satu dari itu. Ini berarti pelanggaran dirancang dengan cara tertentu, pertahanan dirancang untuk mencapai hasil tertentu, dan setiap pemain bertanggung jawab atas posisi dan fungsi tertentu. Jika Anda baru mulai menonton atau mempelajari permainan ini, mungkin sulit untuk memahami mengapa pemain tertentu melakukan tindakan tertentu.

arti taktik dalam basket

Mungkin juga sulit untuk memahami mengapa strategi ofensif atau defensif tertentu digunakan. Jika Anda siap untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengapa bola basket dimainkan dengan cara tertentu, maka saya akan membawa Anda melalui beberapa taktik ofensif awal, taktik defensif, dan strategi penentuan posisi pemain dengan bacara artikel yang lain nya.

Taktik adalah suatu siasat atau pola pikir tentang bagaimana menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai didalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif guna mencari kemenangan. Atau dengan kata lain taktik adalah siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang telah dimilikinya.

Sedikit Gambaran, dimana Jenis-jenis Taktik bisa kita pahami

Defense/Bertahan

Yang dimaksud dengan Pola Pertahanan adalah suatu usaha yang dijalankan oleh tim bertahan dalam rangka menghalau serangan lawan. Macam-Macam Pola pertahanan adalah sebagai berikut:

1. Sikap Jaga

Sikap jaga untuk mempertahankan daerah pertahanan di ladengan kukan kedua lutut ditekuk, sementara badan sedikit condong ke depan dengan punggung hampir lurus. Saat itu juga, mata harus bergerak mengawasi gerak lawan dan bola. Pemain juga harus berdiri sedikit pada ujung-ujung kaki dan selalu menjaga keseimbangan tubuh. Kemudian, rentangkan dan angkat tangan untuk menghalangi operan dan pandangan tembakan lawan.

2. Olah Kaki

Saat melakukan olah kaki, jangan sekali-kali mengadakan langkah silang. Ambillah jarak lebih cepat selangkah dalam mengikuti penggiring. Rapatkan dan cegahlah lawan yang akan menembak bola. Hadang dan tutuplah jalan pemotong yang menuju ke daerah basket. Ingat, jangan meloncat sebelum pemain lawan meloncat lebih dulu. Untuk menghindari tipuan pandanglah pinggang lawan.

Offense/Penyerangan

Pola penyerangan merupakan rencana penyerangan yang bertujuan untuk membentuk atau membuat serangan yang lebih tajam. Semakin baik, terorganisir dan varisasi kerjasama antar permain untuk membentuk suatu pola penyerangan maka semakin besar kesempatam tim untuk mencetak angka atau point yang tentu saja semakin besar pula kesempatan tim untuk memenangkan pertandingan.

Adapun beberapa taktik yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  1. Individual : Penyerangan seseorang menggunakan keterampilan individu yang mumpuni seperti passing yang tepat, dribble yang handal, dan shooting yang akurat.
  2. Group : Penyerangan yang dilakukan oleh dua atau tiga orang, baik dengan blocking/screen interpassing, maupun wallpassing dimana antar pemain saling bekerja sama dengan baik dan efisien untuk mencetak angka.
  3. Tim : Penyerangan dengan permainan cepat (fastbreak), permainan bebas (freestyle) dan bermain dengan pola penyerangan terencana yang telah dibentuk oleh setiap tim.

Prestasi olahraga tidak akan berhasil tanpa didukung oleh sikap mental para pelaku olahraga, serta dengan tidak memiliki nya pelatih yang berkualitas, nilai-nilai olahraga seperti antusias, sportivitas, fair play, tanggungjawab, peduli, jujur, profesionalisme, menganggap lawan sebagai sparing-partner harus diterapkan. Sportivitas adalah komponen kedua dari moralitas dalam olahraga. Seorang pemain menentukan sportivitas sebagai kepedulian dan rasa hormat terhadap aturan main, wasit, lawan, dan tidak melakukan upaya yang curang untuk memenangkan sebuah pertandingan.

Mungkin penjelasan kali ini itu yang bisa di sampaikan, semoga olah raga di Indonesia bisa lebih maju untuk mendapatkan prestasi yang terbaik.

Leave a Comment