Apa itu VAR (video assistance refree)

Sepak bola sudah tidak asing lagi bagi kita , setiap pertandingan penting pasti antusias untuk menontonnya. Semakin maju nya teknologi pun berdampak untuk sepak bola juga , dengan tahun belakangan ini sistem VAR sudah di aplikasikan di beberapa turnamen di dunia, dan untuk pertama kali diaplikasikan secara global adalah pada piala dunia 2018 .

Pada bulan Januari, lima bulan sebelum Piala Dunia, seorang profesor Belgia mengungkapkan penelitian yang akan selamanya mengubah olahraga paling populer di dunia. Di kantornya di Universitas KU Leuven, Profesor Werner Helsen dan dua rekannya telah menghabiskan hampir dua tahun menonton banyak sepak bola. Dengan latar belakang wasit elit pelatihan, Profesor Helsen diminta untuk menyelidiki apakah VAR membuat permainan yang indah lebih adil.

apa itu var dalam bola

Untuk pertemuan umum tahunan FIFA dan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), anggota parlemen sepak bola – tim Profesor Helsen menganalisis keputusan wasit di hampir 1.000 pertandingan sepak bola profesional tempat VAR digunakan. Tim menemukan bahwa keakuratan keputusan meningkat 5,8%, menjadi 98,8%, dalam pertandingan menggunakan VAR dan bahwa kesalahan “kunci”, yang mempengaruhi hasil pertandingan, dibuat hanya dalam satu dari 19 pertandingan. Dalam pertandingan tanpa VAR, kesalahan kunci dibuat dalam satu dari setiap tiga pertandingan.

Dengan kemajuan teknologi sistem VAR pun diterima, banyak yang pro dan kontra untuk ini , kekurangan dari sistem ini adalah saat sangat penting dalam olahraga dinamis seperti sepak bola, biasanya dengan penghentian waktu sesaat guna mengkonfirmasi pelanggaran yang terjadi , butuh beberapa menit untuk agar keputusan di ambil oleh wasit , tetapi Rata-rata waktu yang hilang biasanya karena eksekusi bola mati atau lemparan ke dalam lebih dari tujuh menit.

Leave a Comment